Sejak semakin mudahnya akses "mendapatkan" film dan informasi film dalam beberapa tahun terakhir ini, daftar koleksi dan pengalaman tontonan saya terasa cukup pesat bertambah dengan lebih banyak variasi dari beberapa negara/ bangsa selain film Amerika.
Di antara daftar tersebut, makin lama terasa seolah ada benang merah yang menghubungkan masing-masing asal produksi atau asal sineas dalam bentuk suatu ciri atau pengalaman tontonan bagi saya, dan hal ini berlaku lintas genre film. Yang paling kuat perbedaan-perbedaan terhadap film mainstream Hollywood yang masih menjadi pembanding utama, karena secara statistik tetap mendominasi tontonan saya.
Sebetulnya tidak mudah juga membuat perbandingannya menjadi sederhana ketika harus melibatkan banyak unsur untuk dianalisa dan membuat kriteria pengelompokannya, ditambah kapasitas serta keterbatasan judul yang sudah ditonton serta pengaruh subjektifitas yang berlaku dari sejak pemilihan film yang ditonton. Tapi saya coba sederhanakan saja poin-poinnya maupun pengelompokannya.
1. Film berbahasa Spanyol:
Berkat obsesi akan film-filmnya Gael Garcia beberapa waktu lalu, saya jadi terpapar film Spanyol & Mexico. Dua negara ini terikat kesamaan bahasa dan kaitan sejarah dan sering tukar menukar aktor dan sineas. Bila digeneralisasi, karakter keduanya memiliki beberapa kemiripan dan juga perbedaan. Film berbahasa Spanyol sangat kental akan kepekaan permasalahan sosial, dengan kekuatan pada dialog-dialognya. Kita bisa mendapatkan gambaran tentang hal-hal lain di luar alur cerita utama, berupa kondisi external yang memepengaruhi alur utama film atau sekedar informasi/ wawasan tambahan. Spesifik film Mexico, lebih banyak yang menampilkan kesenjangan sosial dengan gambaran kemiskinan yang juga sering kita lihat di telenovela produksi mereka.
2. Film berbahasa Perancis (Perancis - Belgia): Dari beberapa film francophone yang saya temukan, dominasi karakter tokoh yang cenderung galau dan banyak mengkhayal cukup terasa, atau setidaknya cerita dan visualisasi lebih terfokus ke pribadi tokohnya, porsi untuk latar sosial lingkungannya tidak sebanyak bila dibandingkan dengan film Spanyol. Adegan montage cukup sering saya temukan termasuk unsur yang memperkuat kegalauan atau lamunan tokoh-tokohnya tersebut.
3. Jepang: Yang mencolok dan khas film jepang, adalah cerita tentang ketekunan dan dedikasi akan pekerjaan selalu merupakan topik utama. Kesungguhan dan motivasi, loyalitas akan profesi juga idealisme tokohnya merupakan nilai-nilai yang selalu menyertai di genre dan topik apapun.
4. Pan-Chinese : Yang termasuk di sini film produksi PRC atau Mainland China alias "Cina Daratan", Hong Kong dan Taiwan, dengan bahasa Mandarin & Kanton. Masing-masingnya memiliki ciri khas yang cukup spesifik, terutama untuk produksi Hong Kong sebelum kembali ke PRC.
Di antara ketiganya, satu ciri khas yang dimiliki semuanya adalah bahasa ekspresi yang kadang lebih kuat dibanding dialog atau narasi. Momen-momen yang mengulik rasa kadang hanya singkat tapi punya kekuatan bisa terselip baik di film drama, komedi, film aksi, thriller dll. Adegan2 cirambay yang menguras air mata sebetulnya lebih banyak di drama seri, bukan di film lepas.
"Sad ending" dengan kondisi "Penjahat yang menang" dan "Yang romantis itu tragis/ sedih" sering menjadi trade mark film HK dalam perbandingan dengan film Hollywood, ketika aliran distribusi film HK ke Indonesia memang cukup banyak, dibanding Mainland dan Taiwan. Namun sebetulnya tidak seperti itu juga, lebih cocok dikatakan akhir film sering cenderung terbuka, meninggalkan pertanyaan yang bisa dijawab oleh penonton dan justru membuka alternatif penyelesaian yang bisa dipilih, memberi kesempatan untuk move on setragis apapun kondisi yang dihadapi/ dilalui sepanjang film.
5. Korea: Yang khas dari film Korea adalah kisah-kisah tragisnya. Untuk genre drama dan thriller, seringkali akhir cerita dengan tokoh utama yang gila atau meninggal karena bunuh diri, dibunuh, atau kecelakaan yang tak terduga. ...........ups......... *spoiler alert!
6. India: Film India mayoritasnya secara fisik jelas terdeskripiskan dengan keberadaan adegan-adegan tarian dan nyanyian, satu hal lagi, rasanya hampir semua film India yang saya tonton memiliki adegan yang melibatkan kereta api. Tapi dari segi kekhasan alur cerita, umumnya di dalam satu film India, mood dan suasana bisa berubah-ubah dengan sangat drastis. Dari yang tadinya lucu ngakak menjadi sedih bergelimang air mata, lalu menjadi menyeramkan dan menegangkan. Perubahannya terjadi dengan sangat ekstrim.
10. Rusia: Terggoda dengan film Rusia sejak menonton film Mongol karya Sergei Bodrov. Dari beberapa karya Bodrov & beberapa film yang berhasil saya akses, film Rusia cukup kaya akan gambaran budaya dalam detail drama, nilai-nilai patriotik, dan sosial kemanusiaan. Kita mengenal manusia-manusia yang berbeda dari para teroris yang sering digambarkan sebagai antagonis oleh produksi Hollywood jaman perang dingin.
Yang pasti annoying ketika menonton film Rusia adalah dialog bahasa asing tidak didubbing , tidak pake subtitle, tapi ditimpa narasi seperti jaman Flora-Fauna dulu ...
7. Film Amerika Hollywood
Secara statistik, film produksi Hollywood adalah yang paling banyak saya (dan dunia) tonton. Film Amerika sendiri tidak semuanya produksi Holywood, dan di antara film Hollywood sendiri sebetulnya pun ada banyak variasi, sehingga ada yang sering disebut "Hollywood banget" dan ada yang dianggap “gak terlalu Hollywood”. Antara film Hollywood lintas dekade pun banyak perbedaannya dan perubahannya.
"Boga lakon never dies" adalah salah satu slogan andalan yang sering diucapkan (orang Bandung?) dalam ekspektasinya terhadap film Hollywood. Happy ending merupakan akhir yang bisa diharapkan untuk mayoritas film Hollywood. Baik film action, darama romance, thriller dll. Seberapa parahnya pun perjuangan dan cobaan sepanjang film, tokoh utama biasanya akan menemukan solusi.
Yang mengganggu buat saya di banyak film formula Hollywood beberapa tahun terakhir ini adalah bagaimana pembenaran bagi si tokoh utama untuk menuju happy ending, kadang ketika si boga lakon berbuat salah, akan tertutup oleh kesalahan tokoh antagonisnya, atau walaupun tokoh antagonis itu menjadi terbentuk disebabkan oleh si boga lakon di masa lalu, si antagonis akan tetap dibuat sejahat-jahatnya sehingga tetap saja sampai akhir kita membenarkan tindakan si boga lakon untuk mengalahkan si antagonis, justru sebagai penebusan kesalahannya.
Juga seringkali menunjukkan bahwa dengan kata-kata yang tak jarang berupa pidato di depan umum, bahwa si tokoh akan bisa menyelamatkan dunia, meyakinkan orang, menyatakan cinta, dll untuk mencapai tujuannya. Ini salah satu perbedaan kontras terutama dengan film pan-chinese yang lebih banyak diam, tapi mungkin itu juga yang membuat ending mereka sering tidak jelas, tebak menebak yang ujungnya gagal ini itu karena ga ngomong...
8. Film Inggris:
Dibandingkan dengan film Hollywood dan film Inggris lintas Hollywood, film yang mungkin termasuk British banget yang saya temukan tipenya memiliki penokohan yang lebih kuat dalam karakter, dan alur ceritanya yang lebih mendalam untuk topik yang digunakan, bisa lebih dramatis tapi juga lebih real, atau sekalian yang dinamis dan artistik dari visualisasi, tetap dengan kekuatan tokoh dan cerita. Banyak juga yang lebih menjunjung tinggi kesastraan, kebangsawananan dan kesenimanan.
9. Indonesia: Kalau istilah puitisnya: "Film Indonesia tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri".
Demikian juga yang berlaku pada saya yang memang lebih menikmati film luar dari pada film Indonesia. Mungkin karena keterbatsan produksi dan distribusinya, atau secara psikologis saya justru membuat jarak karena tokoh-tokoh dan settingnya yang justru sebetulnya dekat secara fisik.
Sejauh pemahaman saya, kebanyakan film Indonesia masih banyak menjunjung nilai-nilai kebaikan, religius, setidaknya nilai pancasila. Baik-jahat masih harus terdefinisi, sehingga banyak cerita berada dalam dalam kerangka ini. Walau makin banyak variasinya, tapi mungkin masih mencari jati diri, karakter film luar sering terlihat dalam eksperimenn film baru.
10. Italia: Sepertinya urang banyak sampel spesifik produksi Italia yang bisa membuat saya menemukan karakter khusus, tapi dari beberapa produksi atau karya sineas Italia yang saya tonton, terasa kekuatannya di narasi film dan tipe adegan-adegan yang sedikit cenderung teatrikal, ditemukan pada film horor maupun film latar sejarah.
11. Honorable mention: Film Swedia & Islandia: berkaitan dengn iklimnya yang dingin, tapi bisa hangat di hati....
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>PS<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
Pembagian di atas cenderung kuat pada kriteria peran sutradara, bukan dari asal negara produksi, karena bisa dirasakan ketika film produksi Hollywood disutradarai oleh seseorang yang bukan asal Amerika dan besar di Hollywood, ada perbedaan dan karakter yang dibawa. Sedangkan film berbahasa asing pun ketika merupakan produksi atau karya Hollywood, kemungkinan besar kita juga bisa mengidentifikasi.
Semua yang saya bahas ini hanyalah generalisasi dari mayoritas yang saya tonton, Hasil kesimpulan sementara saya di atas tidak lepas dari ketersediaan sampel dan mood menonton yang kemungkinan akan ada variabel-variabel lain seiring perubahan jaman dan trend produksi film, juga pertambahan umur.
List referensi acuan: perlu dibuat gak ya..
Ket foto: Ang Lee - Tsui Hark - Chen Kaige - Zhang Yimou - John Woo - Peter Chan - Johnnie To - Hou Hsiao Hsien - Wong Kar Wai - Andrew Lau
1 comment:
kalo menurut saya yg paling ganteng yang nomor dua
Post a Comment