Showing posts with label Kurupuk Gagaringan. Show all posts
Showing posts with label Kurupuk Gagaringan. Show all posts

Monday, January 07, 2013

Tipe-tipe yang bisa membuat kamu merasa spesial, tapi....

Sekilas info buat para wanita (atau bisa berlaku untuk para pria juga). Mungkin ini adalah pengalaman yang pernah anda alami, sedang, atau belum. 



Ada tiga tipe pria yang berbahaya karena bisa membuat anda merasa sangat spesial ketika bisa "menaklukkan" tipe-tipe ini;

1. Playboy.
Karena ketika dia begitu banyak ngelabai cewek2 lain, selalu dikelilingi cewek2 tapi dia memilih anda, tentu anda merasa sangat sepesial bisa mengalahkan banyak saingan.

2. Cool/ pemalu
Sebaliknya dari tipe 1, tipe 2 ini adalah yang tidak gampang dekat dengan cewek. Apakah dia sebetulnya memang "cool" pembawaannya, memang menjaga jarak dalam bergaul, ataupun hanya tipe pemalu yang tidak gampang bergaul, intinya ketika anda bisa dekat dengan dia dan cewek2 lain tidak, tentu anda merasa spesial

3. Pemikir rumit sok unik
Tipe ini suka banyak berpikir dan membahas hal-hal yang berat atau terkesan berat seperti tentang filosofi, teologi, bahasan dari buku-buku yang susah-susah, film-film memusingkan, suka membuat pemikiran2nya sendiri tentang kehidupan. Tentunya anda merasa spesial ketika bisa memahaminya, merasa "selevel" ketika bisa menanggapi pemikiran2 "berat"nya.


Nah sodara2, bila memang selanjutnya terbukti anda lah yang spesial buat orang-orang itu, selamat! Tapi bila tidak, siapkan saja mental anda ketika:

Untuk tipe 1: Ternyata anda bukan yang spesial, melainkan hanya salah satu diantara "labaan"nya, dan anda tidak sadar itu. Ato mungkin anda memang disepesialkan dibanding banyak yang lain, tapi bersamaan dengan itu, ada juga yang lain2 yang dia sepesialkan.

Untuk tipe 2: Walaupun anda berhasil dekat dengannya dan tidak ada cewek lain yg dekat dgn dia, tetap saja bukan anda yang dia suka, mungkin dia punya kecengan lain.

Untuk tipe 3: Disaat anda merasa yang terbaik karena bisa memahaminya, sebenarnya banyak yang lain yang merasa telah berhasil memahami orang itu juga.

Dari ketiga tipe itu, yang paling harus diwaspadai adalah kombinasinya yaitu orang yang tampak cool dan pendiam, ternyata suka berpikir rumit2, dan ternyata adalah seorang playboy


Setema dengan postingan ini:
Kisah cinta a la Serial Cantik 
Tipuan Kisah Cinta a la Serial Cantik
Dor!
Apa yah?
Adu-Aduu
XCUSE

Sunday, December 18, 2011

Tipuan Kisah Cinta a la Serial Cantik

Walau kamu mungkin sekarang tak akan mengerti dan takkan menerima kenyataan karena tak sesuai ilusimu, kamu nanti akan mengerti bahwa:

Dia mengucapkan komentar positif tentang kamu, bukan berarti dia sungguh tertarik padamu
Dia menanggapi pertanyaan dan pembahasanmu tentang cinta, bukan berarti dia mencintaimu, apalagi menyatakan cinta padamu.
Dia menyemangatimu, bukan berarti dia menyemangatimu untuk mengejarnya.
Kata-katanya membuat kamu kuat, bukan karena kamu begitu berarti baginya.
Dia membiarkan kamu mengambil benda miliknya, lalu kau anggap benda itu begitu penting, bukan berarti dia memberi kamu kenang-kenangan, karena benda itu hanya sesuatu yang tidak lagi digunakannya.
Bila sesuai permintaanmu dia meminjamkan barang yang kau anggap penting bagaikan nyawa, bukan berarti dia setuju mendekati kamu, jadi tak usah membuat orang lain beranggapan begitu.
Dia diam atau tak banyak bicara bukan karena dia memendam perpasaan padamu.
Tak usah mimpi jadi pelangi karena kau tak tahu arti pelangi baginya
Tak usah berusaha memaknai kata-katanya yang tak kamu mengerti menjadi makna yang kamu harapkan.
Walau dia datang karena kamu, bukan berarti dia datang untuk kamu. Jadi, siapa suruh menunggu. Toh dia tak perduli waktu kamu terlanjur pergi.

Silakan jatuh cinta, tak ada yang bisa melarang dan menghentikan, tapi hati-hati jangan salah menyimpulkan siapa yang jatuh cinta padamu

Tapi yang terpenting: jangan pernah terlibat, apalagi "merasa terlibat" dengan orang yang sudah memiliki pasangan, karena dengan begitu artinya kamu tidak berarti baginya,atau kamu menyakiti orang lain, atau kamu wanita tanpa harga diri.

Hmmmmmmmm

Friday, December 16, 2011

Adu aduuu

(Aslinya diposkan di facebook oleh tgl 23 January 2009)

Ada seorang pria playboy. Dia senang mengadu domba wanita-wanita yang menyukainya. Para wanita domba itu kebanyakan tidak sadar kalau mereka sedang diadu. Atau sadar, tapi tetap merasa harus maju. Walau ujung-ujungnya akan tersingkir.
Diantara mereka, ada satu domba yang selalu jadi pemenang. Mungkin karena dia memang paling disayang si playboy. Dalam adu domba ini banyak yang terluka kecuali si playboy. Dia terus saja menambah wanita domba baru untuk diseleksi dan diadu, sambil terus memelihara dan menyimpan domba kesayangannya. Si wanita domba pemenang ini sangat senang karena dia jadi yang paling disayang, terutama setelah domba domba lain terusir. Dia tidak perduli bahwa dia terus diadu-adu. Dia selalu ada untuk si playboy karena dia sudah cukup bahagia selama masih bisa jadi simpanannya.

Wednesday, December 14, 2011

Apa yah..?

(Aslinya diposkan di Facebook 18 November 2008)

Kalau pernyataan atau tembakan menjelang atau sudah diterima, biasanya si cw terutama yang masih idealis akan bertanya: Buat apa jadian? mau ngapain pacaran?
Nah, jawaban paling normatif adalah "Untuk menikahimu" jawaban paling ringan adalah yang semacam "untuk mengiisi hari-hari bersama", alias cuma buat mengisi waktu.
Jawaban yang cukup canggih gombalnya menurut saya: "Untuk membahagiakanmu"
(pernah denger dari siapa ya waktu lagi ada yang membahas ini) hehe

Monday, December 12, 2011

Dor!!!

Aslinya diposkan di Facebook, 27 October 2008

"Kamu koq baik banget sama aku?" --> Ini tandanya cewe yg ngomong minta di"tembak".
Lebih dramatis lagi kalau: "Seumur hidupku belum pernah ada yang perhatian ke aku kayak kamu".

Kalau udah ditembak, biasanya si cewe nanya: "Kenapa kamu suka ke aku? sejak kapan?"---> si cewe mau konfirmasi aja, apakah usahanya berhasil, misal si cowo mulai ngecengin dia waktu dia memakai baju atau dandanan yang dia rasa membuatnya cantik dan keren atau menarik perhatian orang, atau waktu dia melakukan tindakan-tindakan yang rasanya keren, atau mengucapkan kata-kata yang membuatnya tampak pintar

Sunday, December 11, 2011

Xcuse

(Aslinya diposkan di Facebook, 23 November 2008)

Every Playboy has his excuses

Thursday, July 15, 2010

Survey Survey!!!! Karakter film yang anda sukai

Teman-teman, dalam rangka mewarnai dunia dengan kegiatan yang bermutu, bila berkenan, mohon partisipasinya untuk memilih tokoh yang anda sukai atau yang menurut anda memikat atau punya karakterisasi menarik di film yang pernah anda tonton.

Caranya:

  1. Silakan pilih minimal satu karakter pria dan satu karakter wanita, beserta judul filmnya.
    Kalau bingung karena banyak, anda bisa memilih beberapa karakter, tapi supaya ada batasan, per orang maksimal lima karakter pria dan lima karakter wanita

  2. Cantumkan alasannya, bebas terserah mau alasan fisik semata atau alasan yang lebih filosofis juga boleeeh

  3. Yang boleh dipilih adalah karakter orang atau binatang maupun benda mati yang memanusia, misal: Simba cs. Kalau binatang yang memang memerankan binatang, sebaiknya tidak dipilih kali ini. King Kong jelas tidak masuk kriteria

  4. Lingkup filmnya tidak dibatas, silakan dari film Hollywood, Bollywood, Korea, Jepang, Hongkong, Eropa, Indonesia, dari manapun, film orang maupun animasi, genre dan batas waktu tayang film juga tidak dibatasi.

  5. Silakan tulis di komen atau kalau kalau mau kirim email japri ke romola1913@yahoo.com
Mudah2an teman2 mau ikut serta di kegiatan yang luar biasa penting ini, jadi kalau banyak data yang terkumpul, sapa tau bisa dibuat semacam statistiknya,
Ayo hyoo Silahkan mengingat2 mengenang2 kembali film yang pernah anda tonton

Terimakasih

Catatan:
Yang kita pilih di sini tokoh film ya, bukan pemerannya. Jadi kalau pemeran aselinya mau sebrengsek dan seplayboy apapun, jangan sampai mempengaruhi penilaian terhadap karakter filmnya.
Kalau ada tokoh yang ada di buku juga, kita fokus ke karakter yang di film saja, walaupun terdapat perbedaan.

Sejauh ini, hasil yang terkumpul terlihat di notes facebook saya ini dan beberapa email japri yang mungkin nanti akan dipublish.

CONTOH KASUS:
pilihan sambalado de Pulszky:
Karakter pria favorit:
1. George (Rupert Everett) di My Best Friend's Wedding


Alasan: liat Julianne (Julia Robert) di film itu, kayanya asik banget punya George sebagai gay best Friend


2. Kei the Vampire di film Moon Child




Alasan: keren, cool, dan saya ingin dia jadi ...my gay best friend (teteup) hihihi.


Monday, February 15, 2010

Top 50 Hong Kong Movies of the Nineties, a long way of flash back

Another fun voting , easier yet harder than the previous one (Top 50 Hong Kong Movies of the 2000's).
Hmm what do I got...?

I realize I didn't watched enough HK movies of that era. I even watched most of these movies on the year 2000s, through TV or VCD. This list has been updated and submitted.This is not about the greatest movie, but what I like and remember.

  1. Chungking Express (Wong Kar Wai, 1994)-->. The most Lovable of the WongKarWaians =)
  2. The Lovers (Tsui Hark, 1994)--> overwrought romantic drama it is...I fell in love to the beautiful music & art direction, plus some cultural lessons perhaps.
  3. Ashes of Time (Wong Kar Wai, 1994)-->..this is the original, not the Redux, with one of the Best Soundtracks EVER
  4. The Bride with White Hair (Ronny Yu Yan-Tai, 1993).--> looking for tragedy? we have the Legendary beauty Brigitte Lin and the late legendary charismatic Leslie Cheung here.
  5. Comrade. Almost a love Story (Peter Chan, 1996), definitely uniquely romantic
  6. Days of being Wild (1990)---> It's Wong Kar Wai's break through!!!
  7. Happy Together (1997), --> do I really have to vote for all Wong Kar Waians? even the most depressing and stressful one?
  8. Fallen Angels (WKW, 1995)--> Kinda feels like an obligation. With pleasure however..=p
  9. Temptress Moon (1996) --->..the only Chen Kaige's qualified for this poll.
  10. God of Cookery (Stephen Chow, Lee Lik-Chi, 1996)--> was my preparation before Shaolin Soccer
  11. Green Snake (1993, Tsui Hark)--> again, beautiful music & art direction & beautiful Maggie
  12. What Price Survival.(Daniel Lee Yan-Kong, 1994) -->for the dilematic and unforgettable twist ending Hollywood must learn.
  13. Once Upon a Time in China (Tsui Hark, 1991)--> Humm It's Jet Li, artistic, historical, fun. Unfortunately, dont remember the sequels.
  14. Shanghai Grand (Poon Man-Kit, 1996)-->Ugh it's political, it's brutal, about revenge, brotherhood, love complication, familiar frustrating plot and that's why I put it on this list.
  15. Fong Sai Yuk (Tsui Hark, 1993)--> Fun to watch, interesting action
  16. The Adventurers (Ringo Lam, 1995) another political brutal revenge love gunshot actions. I avoid this movie while running on TV first time I saw it. But the next time I learn to watch it and somehow I like it enough to make it memorable.
  17. Flirting Scholar (Lee Lik-Chee, 1993)--> Stephen Chow, nonsense comedy it is....
  18. A Moment of Romance II (Benny Chan, 1993)
  19. I didn't really manipulated by the tear-jerker plot, but this second of the series is the one still planted on my memory, and I have to complete this list.
  20. Dragon Inn (Raymond Lee, 1992)
  21. I like the Taiwanese serial much much better. but...at least we have Maggie, Brigitte & Big Tony here
  22. A Man Called Hero (Andrew lau, 1999) well some points for the appearance of young Nicholas Tse and that make it the 20th.


phewww...at last I can make it to twenty title,
I missed many HongKong good movies of that decade. That's all I can get for my list, maybe not the very good ones. but somehow quite memorable for me. And this is what the voting is for.

actor by stat:
Leslie Cheung: 6
Tony leung Chiu Wei: 3
Andy Lau: 3
Jacky Cheung: 1
Leon Lai: 2
Stephen chow: 2
Jet Li: 2
Tony Leung Ka Fai: 1
Aaron Kwok 1
Ekin Cheng 1 (ohh really..)
what? No Chow Yun Fat? hmm there must be some reasons...

Updated 20 march 2010
Result so far:
Shanghai Grand #73
Flirting Scholar #67
The Lovers #50
Green Snake # 36
Dragon Inn #33
The Bride with White hair # 24

Hmm I couldn't expect much about my number 16, 18 and 20 but the others, I hope they can make it to TOP 20

Updated 21 march 2010
Ashes of Time #17
Fallen Angels #15
Happy Together#13
Fong Sai Yuk #12
Comrades, Almost a Love Story #11

Hmm now for the top 10, I can only hope for my #1 & #10, on TOP 3 I bet! #13 will be in too, but the sequel, OUATC II will rank higher. I hope many people voted for my # 9, for our love to Leslie Cheung. I Think #12 won't make it.

Updated 24 march 2010

Yeah the top ten!!!
God of Cookery #10
Days of Being Wild #9
Once Upon a Time in China #7
and.......CHUNGKING EXPRESS IS NUMBER ONEEEE!!!!!!!!!!


Sunday, January 31, 2010

habis, gimana yaa....

Karena saya betul-betul kurang kerjaan atau tepatnya lagi malas kerja, maka acara "Take Me Out" atawa "Take Him Out" bisa tertonton. Saya percaya selain saya, banyak wanita (mungkin pria juga...?) yang sebenarnya menonton acara ini bukan menikmati programnya, tapi si pembawa acaranya yg ganteng itu. Hemm.

Di suatu bagian yang pernah saya lihat, ada hal yang cukup menarik.

Seorang "Pria Single" datang menawarkan diri. Ceritanya, sudah cukup lama dia meniti karir di bidang advertising, dan sudah memiliki posisi dan job-desk yang cukup penting. Rekomendasi dari teman-temannya pun positif bahwa dia pekerja keras, berdedikasi, tanggungjawab, bla bla. Umurnya saya lupa tapi seingat saya masih di bawah 30 tahun.

Kira-kira sesuai ingatan saya, yang selanjutnya terjadi begini:
Seorang cw bertanya tentang kemapanannya. Si Pembawa acara mempromosikan pria itu berkaitan dengan pekerjaannya yang sudah mapan tersebut.

Cewe: "Maksudnya mapan dalam artian, apa sudah ada rumah dan mobil?"
Pria Single: "Hmmm kalau rumah dan mobil, mungkin dua tahun lagi" katanya dengan nada mantap meyakinkan.

Setelah itu, beberapa orang termasuk si cw yang tadi bertanya, mematikan lampunya. Waktu ditanya, kira2 jawabannya:

"..habis gimana ya, belum mapan siy..."

"Pria Single" selanjutnya, atau setelah beberapa "Pria Single" selanjutnya (saya mulai geleuh sama istilah ini) yang muncul adalah seorang arsitek, sudah beberapa tahun berkarir, di sebuah konsultan yang cukup ternama (katanya). Kalau tidak salah umurnya juga masih di bawah 30 tahun.
Dia mendemokan keahliannya, menggambar dengan program Sketchup, lalu setelah terbangun beberapa objek dan menerangkan konsepnya, dia langsung memeperlihatkan hasil render yang sudah jadi. Katanya kira-kira begini:

"Ini rancangan rumah yang akan saya bangun untuk ditinggali bersama istri saya dan keluarga saya nanti"

Wow si pembawa acara pun memberi komentar positif.

Beberapa orang mematikan lampu. Cewe yang ditanya kenapa, jawabannya (entah cw yang sama dengan yang di atas atau yang lain lagi):

"...itu kan baru rancangan ya, belum ada realisasinya.."

GUBRAXXX!!!

kesian deh lu

Arsitek...

Sunday, January 10, 2010

Moon Child Syndrom II

My future child will look like this:

"grinnnnn"

Hopefully, he won't grow up to be like this:

"shoot me, yeah!"


The father will be this gorgeous gentleman:

"oh you make me blush"

No, not just someone who LOOK LIKE THIS....but THIS PERSON HIMSELF! haha...

"don't worry, you are all invited for the big day!"



The friendly gay uncle:


"Hi"


Actually, he is the one I love, but since he... well....


"You know I love you Girl, only not in the way you want it"

Sunday, November 22, 2009

P C


Saya tidak menggunakan panggilan"Dek" padahal dia jelas terlihat lebih muda, juga tidak dengan "Kang" atau "Aa" walau kemungkinan besar dia orang setempat, alias orang sunda . Saya tidak tahu siapa namanya, seorang petugas di toko buku diskon terkenal di Bandung.
Menggunakan panggilan "Mas' pada siapa saja walau sering terasa janggal, sepertinya tetap paling aman.

"Mas, ada majalah PC Media?"

Saya yakin majalah itu dijual di situ, dan pasti ditempatkan bersama majalah-majalah yang lain, tapi saya tidak 'ngeh di bagian mana rak majalah dalam toko tsb. Saya pikir minta saja agar ditunjukkan petugas sekalian dicarikan kalau mungkin tak terlihat karena tertumpuk2 atau terselip atau kurang menonjol tampilannya di antara majalah2 lain..

Si 'Mas' ini sedang berada di depan komputer katalog setelah melayani pengunjung yang lain. Dia langsung pasang ancang mau mengetik judul yang saya sebutkan di komputer, hal yang tidak perlu karena yang saya cari adalah majalah yang cukup umum dan seharusnya dia pun tahu keberadaannya.
Tapi itikad baiknya itu saya biarkan saja.

Dia mulai mengetik

V - I - S - I

"PC Media mas.."

V - I -

"PC Media, Pi-Si.. Pe-Ce.."

V - E -

"Pe Ce"

V

"Pe Ce! Pe! Pe! "

V

"PPPe CCCCe!! PPPe!!! Peeeeeeeeeee!!!

V.. "Oooohhh"
Barulah dia tersadar dan mengetik PC Media


"Ada"
"Iya, ada di mana?"
"Di bagian majalah"
"Ya mana bagian majalahnya?"
Lalu dia tunjukkan

Bagaimanapun harus berterimakasih atas bantuannya. Dan walaupun malah menambah pengeluaran energi, tapi dapet hiburan juga.

Do I look sundanese to you?



Friday, May 22, 2009

Kisah cinta a la Serial Cantik


Serial Cantik adalah label yang dicantumkan ELex Media Komputindo untuk komik jepang satu jilid yang diperuntukkan bagi pembaca remaja putri. Umumnya, sekali lagi: umumnya, karena tidak semuanya, tokoh utamanya adalah siswi sekolah menegah dengan tema seputar kehidupan dan kisah cinta di sekolah.
Bacaan yang ringan, bahkan sampai menyebalkan untuk dibaca karena begitu ringannya.

Dalam konteks tulisan ini, istilah "Serial Cantik" saya pakai tidak khusus untuk komik yang hanya satu jilid, tapi juga termasuk judul-judul yang tersusun dari beberapa jilid, dengan tema sejenis. Bukan jenis bacaan favorit saya, tapi banyak yang terbaca juga karena untuk iseng mengisi waktu, atau sekedar ingin tahu.

Sebetulnya secara umum komik jepang dengan sasaran pembaca remaja putri atau wanita muda memang banyak yang memiliki pola dasar kisah cinta yang mirip, walau ada yang memiliki tema lebih menarik, kompleksitas lebih tinggi sampai sangat tinggi, dan cerita yang lebih bermutu.

Berikut ini kisah cinta a la serial cantik hasil analisa saya selama "tumbuh bersama komik jepang":

Tokoh utamanya adalah gadis remaja. Dia punya seorang kecengan, seorang cowok yang super kuerren dan beken (selanjutnya kita sebut co-1), biasanya tokoh ini tenar akibat kegantengan, prestasinya, dan sikapnya yang super cool.. atau bisa juga justru tipe tukang tebar pesona, alias rada playboy. Yang pasti tentunya membuat banyak cewek yang penasaran.

Si tokoh utama, biasanya merupakan cewek biasa biasa saja, tidak begitu cantik, tidak berprestasi, tapi punya karakter yang unik dan polos. Dia sering merasa minder karena si cowok idamannya itu digemari para cewek populer di sekolah.

Si tokoh utama punya seorang teman baik cowok.Mungkin teman satu kelas atau satu ekskul (selanjutnya kita sebut co-2). Bukan tipe yang tenar dan banyak penggemar. Tapi dia karakter yang menyenangkan,baik dan tulus. Co2 jadi teman dekat si cewek.
Gampang sekali ditebak ya, ke mana ara ceritahnya: kisah cinta segitiga (Atau segi empat, segi lima, tapi untuk menyederhanakan pembahasan, kita tidak melibatkan tokoh lain selain ketiga tokoh
utama ini).

Si cewek biasanya tidak menyadari akan perasaan si co-2 ini karena terlalu sibuk memikirkan cowok pertama. (Atau pura pura tidak perduli..).
Pembaca bisa dibuat simpati terhadap kedua tokoh cowok itu. Sampai sampai ikutan bingung dan penasaran: "Aww.. co-1 dingin sekali,sikapnya misterius..bikin penasaran,, tapi keren yaa.. mungkin gak ya dia suka pada si tokoh cewe?"
"Aaww..si co-2 baeek banget..udah so sweet gitu koq si cewe gak milih dia aja yaa??"

Di akhir cerita, "boga lakon never jomblo" alias dia kudu jadian dengan salah satu, setelah terjadi masa kebimbangan. co-1 yang misterius super cool itu biasanya belakangan berubah menunjukkan dia ternyata suka juga ke si cewek. Sikap dingin bahkan kadang agak antisosialnya itu biasanya terbentuk karena dia punya masa lalu yang suram atau masalah keluarga. Untuk tipe yang tebar pesona, biasanya belakangan dia mulai membuktikan betapa si cewek yang sederhana itulah yang dia anggap spesial.
Bingunglah si cewek ketika keduanya sudah "nyatain".

Penyelesaiannya, ada dua macam.
Alternatif 1: si cewek sudah sempat atau baru bermaksud menerima si co-2 yang sudah begitu setia dan banyak berkorban. Tapi ketika si co-1 juga telah berubah dan membuktikan cintanya, si cewek menyadari bahwa persahabatan dan cinta itu berbeda. Co-2 hanya bisa dia anggap sebagai sahabat, dan cintanya teteup pada si co-1 yang keren.

Alternatif 2: ketika co-1 sudah berubah dan menunjukkan perhatiannya,kondisi sudah terlambat karena si cewek udah kepincut oleh co-2 yang baek hati itu, alias menyadari ternyata cinta yang selama ini dia cari sudah ada di dekatnya cieehh..

Satu penyelesaian yang ekstrim dan aneh bisa ditemukan di salah satu komik Mari-Chan--entah seri yang mana.
Si tokoh utamanya, Mari, terjebak kebimbangan memilih dua cowok.Kayaknya sussah banget dehh entah apa saja yang dia pertimbangkan. lalu pembuktian cintanya terjadi ketika (entah ada yang sengaja untuk membantu Mari memilih , atau murni kecelakaan --saya lupa) sebuah guci bessuarrr jatuh dan hampir menimpa kedua cowok yang sedang berdiri bersebelahan di depan tempat guci tersebut terpajang.
Kalimat yang menyertai adegan tersebut kira kira begini: '... dan saat itu, Mari telah memilih..'
Mari secara spontan berusaha menyelamatkan salah satu dengan secara heroik mendorongnya ke tempat yang aman. Yang satu lagi? berhasil menyelamatkan diri sendiri. Dengan demikian, terbukti yang paling dicintai Mari adalah yang secara tidak sadar dia selamatkan dari guci laknat tersebut.

Adegan yang menyebalkan, komik yang menyebalkan. Saya tidak ingat dan tidak perduli bagian-bagian lain ceritanya apa, tapi adegan tersebut tetap tersimpan di kepala saya. Karena saat itu saya sempat berpikir. "Wow, kalau terjadi pada diriku, bingung milih dua orang, haruskah ada guci yang jatoh dulu untuk memutuskan??"
Dodol sekali.

Wednesday, March 04, 2009

80


Tadi siang di tengah teriknya matahari Bandung, saya tidak sengaja mendengar pembicaraan sepasang muda mudi. Entah bagaimana, mereka mengambil posisi di bawah lampu merah untuk mengobrol, sambil memegang megang tiang lampu merah tersebut, merasa seperti syuting film india mungkin . Saya atau siapapun yang kebetulan sedang menunggu saat untuk menyeberang pastinya mendengar dialog mereka:

co: "Kelahiran tahun berapa?"
oh.. mereka baru kenalan nih? sebenernya aneh juga melakukan obrolan pdkt di bawah naungan lampu merah di persimpangan jalan yang ramainya minta ampun di siang bolong begini.

Ce: "delapan puluh" lalu dia tertawa dengan nada 'ya gak mungkin lah, gila aja keleeeee.. mit amiiittttt'
Saya jadi agak melirik, memang tidak mungkin dengan gaya gaul mahasiswa jaman sekarang dan tampang si cewe itu yang masih culun culun genit, kalau dia seumur denganku. Si cowo sih agak pas-pasan mukanya.

Co: "masa?"
Wah ternyata si cowo rada mempertimbangkan juga jawaban tadi

Ce: "Ngaaak lah, delapan sembilan koq. Aku kan angk 2007"
sepertinya dia sempet agak panik karena disangka betul kelahiran tahun delapan puluh??

Masalah saya di sini jelas: Emang kenapa dengan kelahiran tahun delapan puluh? HAh? Hah???? haahh???

Thursday, January 22, 2009

Mimpi lagi lagi


Tadi malam saya mimpi buaya. Ceritanya di suatu tempat ada mitos bahwa dulu ada buaya yang sangat besar menghuni daerah tersebut. Bukan tempat yang jauh, rasanya dekat-dekat tempat tinggal saya. Di lokasi tersebut ada coakan tanah berbentuk buaya besar. Di dalamnya ada beberapa buaya berukuran normal. Konon, buaya yang jaman dulu sebesar coakan tanah tersebut. Coakan itu dibuat untuk mengenang buaya besar nenek moyang buaya-buaya kecil yang sekarang berada di dalamnya.

Mimpin tersebut jadi semakin aneh. Karena lalu saya berkonsultasi dengan Tuk Bayan Tula. Bagaimana sosok ini
ujug-ujug muncul, kurang mengerti juga. Rasanya belakangan ini saya tidak sedang memikirkan Laskar pelangi atau Maryamah Karpov cs. Menurut Tuk, memang masuk akal kalau jaman dulu ada buaya sebesar itu di tempat ini. Lalu dia menunjukkan buku referensinya. Entah buku apa. Halah, sejak kapan tokoh ini jadi ilmiah begitu yah?
Bangun pagi dalam keadaan mengingat mimpi-mimpi aneh sangat melelahkan.

Satu atau dua malam sebelumnya, sekitar Selasa malam, saya mimpi hendak berangkat perjalanan pertama AM JAMADAGNI. Acara ini sebenarnya berlangsung malam minggu sebelumnya yang tidak saya ikuti. Dalam mimpi, ceritanya saya hendak berangkat bersama AM
yang juga tidak ikut dan harus melakukan perjalanan susulan. Seperti biasa saya mulai pusing dengan persiapan barang-barang yang harus dibawa. Bertahun-tahun dihantui kekhawatiran ketidak lengkapan peralatan yang akan membahayakan, dan ketakutan terlambat siap dan akan ditinggalkan.
Saya bangun di pagi hari dengan rasa lelah.

Beberapa malam sebelumnya, LAGI LAGI untuk KESEKIAN PULUH KALINYA saya mimpi kembali ke sekolah, dan akan mengahadapi ulangan matematika. Sejak saya merumuskan mimpi-mimpi yang sering terulang dalam tidurku itu, masih berkali-kali lagi saya bermimpi kembali ke sekolah. Dan semakin spesifik, yaitu dalam kekhawatiran akan menghadapi pelajaran atau ulangan matematika.

Mungkin mimpi memang ada artinya. Mungkin menurut mimpi mimpi yang berulang itu, sudah saatnya saya kembali bersekolah. Padahal saya tidak begitu berminat untuk sekolah lagi, selain kalau bisa, sekolah gratis di luar negeri untuk nambah pengalaman jalan jalan dan koleksi foto-foto gaya.
Saya tidak punya niatan mulia untuk sekolah lagi, menambah ilmu, memajukan dan menaikkan martabat bangsa, dan membagi ilmu yang saya dapat nantinya. Belum ada niat itu. Masih males.

Tapi yang paling melelahkan adalah kalau pekerjaan terbawa bawa mimpi. Sudah begitu suntuk, panik dan nyaris stressnya dari pagi sampai malam menghadapi pekerjaan yang menyebalkan, saat tidur pun aku mimpi dalam suasana sedang bekerja.
Bangun pagi....Uhh masih harus melanjutkannya.

Jadi kalau tadi malam saya mimpi buaya, berarti saya sedang tidak terlalu suntuk dengan pekerjaan. Syukurlah.





Tuesday, December 09, 2008

Thank You Hollywood


Johnny Depp, Robert Downey Jr., Ethan Hawke, Jeremy Irons,
Adrien Brody, Tom Cruise, Edward Norton, Antonio Banderas, Jude Law,
Ewan Mc Gregor, Pierce Brosnan, Sean Penn,
Gary Oldman, Al Pacino,
Robert de Niro, Anthony Hopkins, Jack Nicholson, Alan Rickman,
Kevin Bacon, Morgan Freeman, Kenneth Branagh, Will Smith,
Christopher Walken, Willem Defoe, John Malkovich.......


I don't like Brad Pitt

Tuesday, July 01, 2008

Mimpi yang Datang Kembali


Bukan hanya
komik Vertigo serial Sandman karya Neil Gaiman yang menjadi menarik karena temanya tentang mimpi. Akupun sering merasa bahwa mimpi-mimpi dalam tidurku sangat menarik.

Sebagaimanapun serunya petualangan di alam mimpi, biasanya saat bangun kita lupa apa yang baru kita “alami” dalam tidur. Tapi, ada mimpi-mimpi tertentu yang teringat, walaupun tak mendetail. Kadang dalam mimpi pun aku merasa deja vu meskipun tak jelas apa bagaimananya.

Diantara berbagai macam mimpi yang pernah kualami dalam tidur, ada beberapa yang cukup melekat di pikiran, terutama karena berulang . Nah, inilah dia topik favorit dalam mimpi-mimpiku:


I. Kembali ke sekolah

Dalam mimpi dengan topik ini, aku bisa menjadi siswa SMA, SMP, bahkan SD. Dan jalan cerita selanjutnya selalu sama: yaitu aku sudah lama tidak masuk, mungkin mabal karena malas, dan aku kembali menjelang ujian atau terima raport. Kadang yang akan dihadapi adalah ujian semesteran, sekedar ulangan, atau bahkan Ujian Akhir Nasional. Yang kurasakan dan kupikirkan biasanya adalah: “Waduh, udah lama gak masuk ni bisa gak ya ujiannya” atau lebih kepada kekhawatiran akan pengurangan nilai karena status absensi. Bangunan sekolahnya bermacam-macam di dalam mimpi. Tidak pernah sama dengan sekolah-sekolahku di alam nyata. Tapi aku bisa melihat beberapa teman sekelas, bahkan guru-guru lama.

Setelah aku menyadari bahwa aku sering mengalami mimpi macam begini pun, aku masih mengalaminya. Entah apa maknanya, mungkin akau harus melanjutkan sekolah lagi? Atau karena aku begitu traumanya dengan masa sekolah yang sampai sekarang sudah berlalu 10 tahun?

Anehnya, mimpi topik sekolahan ini baru muncul beberapa tahun setelah lulus kuliah. Sedangkan beberapa waktu setelah lulus kuliah, aku masih sering mimpi sidang dan asistensi TA. Wajar lah karena masa-masa Tugas Akhir itu memang beban dan tekanan mentalnya sangat berat. Tapi mimpi buruk itu berlalu sendiri tak terlalu lama. Baru belakangan ini aku sekali mimpi masa kuliah, tapi bukan masa TA. Seolah kembali ke Studio Jurusan Arsitektur (yang pasti bangunannya aneh), ada kelompok Kalkun, dan seperti biasa aku seolah habis mabal lama dan menghadapi pengumpulan tugas.


II. Kereta Api

Topik ini pun cukup sering muncul dan lumayan membuat agak stress. Biasanya dalam mimpi ini aku mengejar jadwal kereta api, dan karena dalam mimpi susah sekali berlari, aku rasanya panik sekali. Bahkan pernah aku mesti mengejar gerbong yang sudah berjalan. Kadang mimpi salah turun stasiun atau terjebak macet dalam perjalanan ke stasiun di kota antah berantah yang dalam mimpi itu disebut sebagai kota Jakarta. Terakhir aku mimpi ketinggalan barang di kereta dan setelah lewat beberapa hari baru sempat menanyakannya ke petugas. Pernah juga aku mimpi berada di kereta yang mogok. Dalam mimpi perjalanan KA, ataupun di mimpi mengejar gerbong yang meninggalkanku, pemandangan sekitar jalur kereta api sangat menarik dan indah. Memang aku sampai sekarang lebih suka naik kereta api ke Jakarta daripada via tol Cipularang, karena pemandangannya lebih menarik. Mulai dari pemandangan bukit, lembah, sawah, sampai pemukiman kumuh dan tumpukan sampah.


III. Naik gunung

Dalam mimpi naik gunung, biasanya di saat hendak berangkat aku belum menyiapkan barang-barang dan perbekalan yang semestinya., padahal gunungnya sudah di depan mata, tapi isi ransel aku masih belum memenuhi syarat seperti yang ada dalam kuliah “Persiapan Perjalanan” bagi AM Jamadagni. Lebih dari satu kali aku bermimpi akan mendaki Gunung Gede, tapi gunungnya dan lokasi sekitarnya, seperti biasa, aneh dan asing. Seingatku, mimpi begini biasanya tidak berlanjut sampai ke puncak gunung, atau hanya setengah perjalanan, dengan nekad berangkat membawa barang seadanya setelah meyakinkan diri bahwa gunung tersebut tidak berbahaya dan merupakan tempat wisata umum, jadi tidak apa-apa walau tak terlalu lengkap bawa peralatan.

Dalam mimpi lain aku berhasil sampai ke puncak “Gunung Semeru” yang sama sekali tidak mirip Semeru yang sebetulnya. Pernah juga aku keliling gunung-gunung kompleks ciwidey yang kesannya berbahaya sekali karena bukitnya sedang naik-turun entah bagaimana (ceritanya sedang ada fenomena tektonis kali...).

Mimpi naik gunung tidak sesering yang dua di atas. Tapi lumayan berkesan dan teringat, karena memang suatu kekhawatiran bila kita sampai berangkat tanpa peralatan yang komplit, dan yang paling kukhawatirkan dalam mimpi itu sebetulnya adalah lampu senter. Dalam kenyataan, senter adalah benda yang sangat penting untuk pendakian yang melewati malam hari, ataupun sekedar kemping senang-senang Ironisnya, senter juga adalah barang yang paling sering hilang karena berpindah-pindah tangan dipinjam orang-orang yang tidak membawanya selain kemungkinan hilang olehku sendiri, mungkin tercecer atau nyelip tertumpuk barang lain di rumah.


Mimpi dengan tiga topik di atas adalah contoh dari mimpi-mimpi yang paling aku ingat sering berulang. Dalam tiga macam mimpi ini, aku biasanya berada dalam kondisi panik, kuatir dan nyaris setress.

Kenapa ya?

Apa hidupku memang dipenuhi kekhawatiran kaliiiii

Saking besarnya pengaruh mimpi, kadang perasaan dalam mimpi begitu kuat bahkan mempengaruhi kehidupanku di kenyataan. Pada suatu masa dulu, mungkin waktu aku masih SMA atau awal-awal kuliah. Aku pernah kembali "ngecengin" seseorang gara-gara mimpi. Sebelumnya, ceritanya aku udah menyerah alias “give up” cieh hehe.... sudah ngeceng yang lain dong, dan gak perduli lagi pada orang itu.

Tapi suatu malam aku bermimpi ada dia. Dalam mimpi itu, seolah dia baik sekali padaku dan sepertinya sih suka padaku (dalam mimpi pun orang bisa merasa ge er ternyata). Hmm rinciannya sudah kabur, aku hanya ingat beberapa frame hasil capturenya yang masih tersimpan di kepalaku. Lalu aku terbangun, perasaan dalam mimpi masih terbawa. Akibatnya aku ngecengin orang itu lagi deh.. dan tetep aja cume ngeceng terus... hueheheeee.


I love you in my dreams

I love you in reality


Monday, June 30, 2008

Things They Don't teach You at School


They don't teach you how to love somebody
They don't teach you how to be famous
They don't teach you how to be rich, how to be poor.
They don't teach you how to walk away from someone you don't love any longer
They don't teach you how to know what's going on in someone else's mind
They don't teach you What to say to someone who's dying
They don't teach you anything worth knowing

Rose Walker
The sandman volume nine; The Kindly Ones

Thursday, March 27, 2008

Kenapa Sambalado


Karena saya tidak bisa makan tanpa sambal.
Tidak bersyukur? Bisa, bisa koq..hanya tentunya itu bukan makan yang lengkap kalau tanpa sambal.

Kenapa Hot? karena sambal itu pada dasarnya pedass, tentu dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda
Kenapa Sweet? karena sambal tidak sekedar pedas yang membakar. akan muncul rasa manis yang berasal dari kombinasi bahan yang digunakan
Spicy? Karena berbagai bumbu berpadu bersama bahan utama sambal, jenis-jenis cabai (cabe merah, ijo, rawit, dll), memberi variasi rasa yang membuat makan kita menjadi nikmats. Mungkin ada puluhan bahkan ratusan ( ???) variasi jenis sambal di Indonesia ini. Semua tergantung kombinasi bumbu, sesuai selera di tiap daerah dan juga selera masing-masing yang membuat dan yang memakannya.

Kalau ditotal, di seluruh dunia. Waduh ada berapa macam sambal ya?


PS: (Gak penting, pasti masyoritas orang indonesia udah pada tau) Sambalado itu bahasa minang, maksudnya sambal-lada, ya sambal yang pedas berarti. Kalau "Samba" itu artinya lauk pauk (begitu khan....?? maklumlah, orang minang "murtad" begini. Tapi yang pasti saya penganut Matrilineal =>)